Sabtu, 09 Maret 2013

Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran


Laporan AECT yang dipimpin oleh Barbara B. Seels dengan 29 anggotanya, menerbitkan buku yang berjudul Instructional Technology: The Definitoon and Domain Field (1994), telah mengeluarkan definisi kelima tahun teknologi pembelajaran yaitu bahwa:
”Teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta penilaian dalam proses dan sumber untuk belajar” (Seels dan Richey, 1994).
Dari defnisi di atas diidentifikasi beberapa komponen sebagai berikut:
·         Teori dan praktek
·         Kawasan desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian.
·         Proses dan sumber
·         Untuk keperluan belajar
Berdasarkan uraian komponen definisi tersebut, maka yang menjadi kawasan teknologi pembelajaran adalah:
·         Desain teknologi pembelajaran
·         Pengembangan teknologi pembelajaran
·         Pemanfaatan teknologi pembelajaran
·         Pengelolaan teknologi pembelajaran
·         Penilaian teknologi pembelajaran
Setiap kawasan memberikan konstribusi terhadap pengembangan teori dan praktek yang menjadi landasan keilmuan, dan sebaliknya teori dan praktek juga dijadikan sebagai pegangan dalam pengembangan, kawasan. Tiap kawasan tersebut berdiri sendiri , meskipun saling berkaitan sebagai sesuatu kegiatan yang sistematik.
Arah perkembangan kawasan teknologi pendidikan dan pembelajaran dapat dilukiskan oleh Glenn Snelbecker (1974): bahwa teknologi pendidikan berguna untuk menjawab ”how” (cara bagaimana) tujuan pendidikan dapat dicapai, sedangkan kurikulum berkepentingan untuk menjawab ”what” dan ”why” (apa dan mengapa) isi dan tujuan pendidikan ditentukan.


REFERENSI RUJUKAN

Anglin, Gary J. (1991). Instructional Technology. Past, Present, and Future.
Miarso, Yusufhadi. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom.Seels, Barbara B. Richey Rita C. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Association for Educational Communication and Technology: Washington, DC.
Seri Pustaka Teknologi Pendidikan. (1986). Definisi Teknologi Pendidikan Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT. CV. Rajawali. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar