Desain
adalah proses untuk menentukan kondisi belajar. Tujuan desain ialah untuk
menciptakan strategi dan produk pada tingkat makro, seperti program dan
kurikulum, dan pada tingkat mikro, seperti pelajaran dan modul. Definisi ini
sesuai dengan definisi desain sekarang yang mengacu pada penentuan spesifikasi
(Ellington dan Harris, 1986; Reigeluth, 1983; Richey, 1986). Berbeda dengan definisi
terdahulu, definisi ini lebih menekankan pada kondisi belajar bukannya pada
komponen-komponen dalam suatu system pembelajaran. Jadi rung lingkup desain
pembelajaran telah diperluas dari sumber belajar atau komponen individual
system ke perkembangan maupun lingkungan yang sistemik.
Kawasan atau ranah desain paling tidak
meliputi empat cakupan utama dari teori dan praktek, yaitu desain system
pembelajaran, desain pesan, strategi pembelajaran, dan karakteristik pemelajar
Cakupan ini dapat diidentifikasi karena masuk ke dalam lingkup pengembangan dan
teori.
Definisi dan deskripsi dari
masing-masing daerah liputan tersebut adalah sebagai berikut:
Desain
system pembelajaran
adalah prosedur yang terorganisasi yang meliputi langkah-langkah penganalisaan,
perancangan, pengembangan, pengaplikasian, dan penilaian pembelajaran. Kata
desain memiliki pengertian tingkat makro dan mikro karena merujuk pada
pendekatan system maupun langkah-langkah dalam pendekatan system. Setiap
langkah dalam proses mempunyai langdasan teori dan praktek sendiri seperti
halnya pada semua desain system pembelajaran.
Desain
pesan meliputi perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik
dari pesan (Grabowski, 1991:2006)
Strategi
pembelajaran adalah
spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan
pembelajaran dalam suatu pelajaran.
Karakteristik
pemelajar adalah segi-segi latar belakang pengalaman
pemelajar yang berpengaruh terhadap efektivitas proses belajarnya.REFERENSI:
Anglin, Gary J.
(1991). Instructional Technology. Past,
Present, and Future.
Miarso,
Yusufhadi. (2005). Menyemai Benih
Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom.Seels, Barbara B. Richey Rita C.
(1994). Instructional Technology: The
Definition and Domains of the Field. Association for Educational
Communication and Technology: Washington, DC.
Seri Pustaka
Teknologi Pendidikan. (1986). Definisi
Teknologi Pendidikan Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT. CV.
Rajawali. Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar