Sabtu, 09 Maret 2013

Desain Pembelajaran


Desain adalah proses untuk menentukan kondisi belajar. Tujuan desain ialah untuk menciptakan strategi dan produk pada tingkat makro, seperti program dan kurikulum, dan pada tingkat mikro, seperti pelajaran dan modul. Definisi ini sesuai dengan definisi desain sekarang yang mengacu pada penentuan spesifikasi (Ellington dan Harris, 1986; Reigeluth, 1983; Richey, 1986). Berbeda dengan definisi terdahulu, definisi ini lebih menekankan pada kondisi belajar bukannya pada komponen-komponen dalam suatu system pembelajaran. Jadi rung lingkup desain pembelajaran telah diperluas dari sumber belajar atau komponen individual system ke perkembangan maupun lingkungan yang sistemik.
Kawasan atau ranah desain paling tidak meliputi empat cakupan utama dari teori dan praktek, yaitu desain system pembelajaran, desain pesan, strategi pembelajaran, dan karakteristik pemelajar Cakupan ini dapat diidentifikasi karena masuk ke dalam lingkup pengembangan dan teori.
Definisi dan deskripsi dari masing-masing daerah liputan tersebut adalah sebagai berikut:
Desain system pembelajaran adalah prosedur yang terorganisasi yang meliputi langkah-langkah penganalisaan, perancangan, pengembangan, pengaplikasian, dan penilaian pembelajaran. Kata desain memiliki pengertian tingkat makro dan mikro karena merujuk pada pendekatan system maupun langkah-langkah dalam pendekatan system. Setiap langkah dalam proses mempunyai langdasan teori dan praktek sendiri seperti halnya pada semua desain system pembelajaran.
Desain pesan meliputi  perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan (Grabowski, 1991:2006)
Strategi pembelajaran adalah spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan pembelajaran dalam suatu pelajaran.
Karakteristik pemelajar adalah segi-segi latar belakang pengalaman pemelajar yang berpengaruh terhadap efektivitas proses belajarnya.


REFERENSI:


Anglin, Gary J. (1991). Instructional Technology. Past, Present, and Future.
Miarso, Yusufhadi. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom.Seels, Barbara B. Richey Rita C. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Association for Educational Communication and Technology: Washington, DC.
Seri Pustaka Teknologi Pendidikan. (1986). Definisi Teknologi Pendidikan Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT. CV. Rajawali. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar